Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jenis-Jenis Kabel Listrik

Senin, 27 Mei 2019 | 01.41 WIB | 0 Views Last Updated 2019-05-27T08:41:38Z
Pengetahuan tentang kabel listrik sangat berarti, sebab terpaut erat dengan instalasi listrik. Kami tidak paham kalau kami mangulas tipe kabel listrik yang bisa menimbulkan proyek listrik runtuh sebab kabel yang dipasang tidak setimpal. Jadi, alih- alih bertahan dalam dialog dini, ayo kita menganalisis topik ini di dasar ini:

Kabel listrik merupakan komponen berarti bagaikan konduktor listrik. Listrik yang ditemui di sumber listrik tidak bisa didistribusikan tanpa kabel. Bergantung pada guna serta kapasitas saluran, kabel bisa dipecah jadi sebagian tipe, semacam NYA, NYAF, NYM, NYMHY, NYY, kabel NYYHY. Dari bermacam tipe kabel terdapat perbandingan raga serta fungsional setimpal dengan kapasitasnya.




1 tipe kabel listrik ANDA

Kabel NYA mempunyai ciri sangat diketahui dari kabel standar dengan konduktor tembaga, dibungkus dengan isolator PVC, serta kabel terisolasi. Kabel ini terdiri dari satu kabel, umumnya kabel bercorak kuning, biru, merah ataupun gelap.

Kabel NYA merupakan kabel hawa, jadi kabel ini tidak sesuai dikala dipasang di tanah ataupun di tanah. Kabel ini relatif murah dibanding dengan kabel tipe lain, namun kelemahan dari kabel ini merupakan isolator PVC tidak begitu kokoh sehingga rentan terhadap cacat ataupun digigit tikus.

2 kabel kabel NYAF

Tipe kabel NYAF merupakan kabel serat inti tunggal, seratnya dibuat dari tembaga murni ataupun kombinasi. Di penggalan luar kabel ini ditutupi dengan isolator PVC yang kualitasnya sangat baik, fleksibel, sehingga sesuai https://jualkabel.net buat pemasangan serta pelintiran panel yang rumit. Kabel ini sesuai buat digunakan di wilayah kering serta tidak sesuai buat digunakan di wilayah basah ataupun lembab.

3 kabel energi NYM

Kabel NYM merupakan kabel standar dengan konduktor tembaga, penggalan luar ditutupi dengan isolasi PVC serta kabel tembaga ditutupi dengan PVC. Kabel ini umumnya 2 sampai 4 kabel orang, tiap- tiap dibungkus dalam PVC, sehingga relatif lebih nyaman terhadap resiko korsleting ataupun korsleting listrik. Tipe kabel ini lebih tahan daripada kabel NYA sebab sehabis susunan luar PVC itu pula dilapisi lagi oleh isolator karet. Kabel NYM sesuai buat digunakan di hawa, bukan buat penanaman walaupun bisa digunakan di wilayah kering ataupun basah, serta harga kabel NYM lebih mahal daripada kabel HIS.

4 kabel energi NYY

Kabel NYY merupakan kabel tunggal dengan no inti 2- 4 kabel. Bahan isolasi kabel ini lebih kaku daripada kabel NYM. Karet isolasi buat kabel NYY dilengkapi dengan bahan- bahan tertentu, sehingga anti- tikus. Kabel NYY biasanya digunakan dikala menanam di tanah. Kerugian dari kabel ini lebih mahal daripada kabel NYA, NYAF serta NYM.

5 kabel energi NYMHY serta NYYHY

Kabel NYMHY serta NYYHY merupakan tipe kabel inti NYM serta NYY( keduanya dengan inti kabel), kabel ini dilapisi dengan isolator PVV. Kedua kabel ini biasanya digunakan buat listrik rumah tangga kelas kecil dengan energi maksimum 900 watt, jadi bila energi listrik lebih dari 900 watt direkomendasikan, kabel inti kawat semacam NYM lebih direkomendasikan. Jadi, watak kedua kabel serat ini fleksibel serta tidak gampang putus. Insulator kabel ini lumayan kokoh dari panas sampai temperatur 85 derajat Celcius. Yang membedakan keduanya merupakan susunan isolasi eksternal, kabel isolasi NYMHY bercorak putih, buat pemakaian dalam rubrik. Serta kabel isolasi NYYHY bercorak gelap, dapat digunakan di luar rubrik, biayanya lebih mahal dari NYMHY.

Sistem mengidentifikasi tipe kabel.

Untuk orang awam, jenis kabel semacam di atas sangat membingungkan serta susah dibedakan. Sistem membedakan tipe kabel setimpal dengan namanya merupakan dengan memandang huruf ketiga dari nama kabel, misalnya NYM ataupun NYMHY," Meter" merupakan huruf ketiga yang berarti kalau kabel itu bercorak putih. Serta kabel NYY ataupun NYYHY, dengan huruf ketiga" Y" berarti kabelnya gelap. Tidak hanya itu, spesial buat NYMHY serta NYYHY, kami fokus pada 2 huruf terakhir," HY", yang berarti kalau kabel tersebut merupakan kabel inti serat. Bila namanya cuma NYM ataupun NYY, itu berarti kabel tersebut mempunyai inti single- core.

Begitu banyak data dari kami menimpa jenis- jenis kabel listrik. Hingga jumpa lagi
×
Berita Terbaru Update