Monday, April 15, 2019

Ini Cara Tepat Untuk Memelihara Ikan Koi

Koi adalah jenis ikan tambak yang memiliki banyak variasi atau jenis, seperti koi kohaku, koi sowa dan banyak lainnya. Selain memiliki keindahan warna dan warna, diduga ikan koi dapat membawa hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya. Jadi jangan heran jika ikan jenis ini adalah salah satu ikan favorit.

Berbicara tentang ikan koi tidak terlepas dari perawatannya, yang cukup rumit, terutama bagi pemula. Perawatan yang tidak memadai dapat menyebabkan koi, rasa sakit, stres dan bahkan kematian. Karena itu, Anda harus mengetahui dan memahami faktor-faktor apa yang menentukan kesehatan dan keindahan ikan koi pond.



Kedalaman kolam Koi
Beberapa orang berpikir bahwa membangun kolam ikan dangkal adalah cara sempurna untuk menikmati keindahan ikan koi. Padahal, hal itu justru menghambat pertumbuhan ikan, sehingga pertumbuhan ikan koi menjadi semakin melengkung.

Kedalaman ideal untuk kolam koi lebih besar dari 1 meter. Kolam laut dalam juga dapat membantu menstabilkan suhu air yang disebabkan oleh terik matahari atau malam yang dingin.

Kualitas air
Keindahan dan kesehatan koi tergantung pada kondisi air tambak. Tingkat keasaman (pH) air yang cocok untuk https://www.jualikankoi.co.id/ pertumbuhan koi berkisar dari 6,5 hingga 8,5. Untuk menjaga sirkulasi air, pasang pompa yang mampu menghasilkan 25 liter air per menit. Metode ini cukup efektif untuk menjaga kolam tetap bersih, jadi yang harus Anda lakukan adalah membersihkan filter dan filter.

Filter yang digunakan harus memiliki empat lapisan untuk menjaga persediaan air bersih dan lancar. Keempat lapisan tersebut terdiri dari kerikil, pasir dan serat kelapa yang menyaring limbah dan lumpur yang mencemari kolam.

Kemudian, filter kedua terdiri dari zeolit ​​karbon yang berguna untuk menghilangkan racun, bau dan membunuh kuman. Sedangkan filter ketiga berupa pestisida yang tidak merusak bakteri pembusuk yang berperan dalam proses pemurnian air kolam. Filter terakhir, yaitu berupa tanaman atau batu yang dapat mengikat kotoran.

Lokasi Kolam Koi
Kolam koi sebaiknya tidak berada di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Karena ini akan meningkatkan pertumbuhan busa, yang dapat mempengaruhi kejernihan air tambak. Tetapi jika sudah di luar, Anda bisa menggunakan tanaman air seperti lotus atau lily pad. Ingatlah untuk secara teratur membersihkan daun yang jatuh di permukaan kolam, karena daun yang membusuk dapat membuat busa dan memperburuk air, mengganggu pertumbuhan koi.

Bentuk Kolam Koi
Pada kenyataannya, tidak ada referensi khusus untuk bentuk kolam koi. Namun, cobalah untuk menghormati sisi lengkung kolam untuk menghindari titik mati. Bagian bawah kolam juga harus dimiringkan 20 hingga 40 derajat. Ini dimaksudkan agar kotoran ikan dan sisa makanan tidak mengendap dan mudah dibersihkan. Selain itu, jangan gunakan aksesori dengan permukaan yang tajam, seperti batu. Karena gerakan koi sangat menarik, dikhawatirkan akan melukai dan membahayakan koi.

Jumlah ikan Koi
Sesuaikan jumlah koi dengan ukuran kolam. Cekungan padat membuat pertumbuhan ikan tidak sesuai dan rentan terhadap penyakit.

No comments:

Post a Comment